Marine Science

Dampak la nina & el nino pada pertumbuhan dan budidaya ikan

Posted on: December 29, 2009

Assalamualaikum.wr.wb

Indonesia sebagai negara maritim memiliki luas wilayah lautan yang sangat luas sekali yaitu sekitar 5,8 km² dan mempunyai garis pantai yang luas pula sekitar 81.000 km. Dari kenyataan tersebut kita dapat simpulkan bahwa begitu melimpahnya sumber daya alam khususnya yang berasal dari wilayah laut indonesia ini potensi perikanan yang terdapat di indonesia ini mencapai angka sekitar 6,4 juta ton ikan pertahun dan  untuk perairan umumnya yaitu sekitar 4,95juta ton pertahun, sedangkan potensi lahan budidaya tam bak sekitar 1,2 juta ha, untuk potensi lahan budidaya laut sebesar 8,4 juta ha, dan untuk potensi lahan budidaya air tawar sebesar 2,2 juta ha. Dari data yang di dapat tersebut para nelayan atau instansi yang berkaitan dengan hal tersebut blm bisa memaksimalkan semua  potensi perikanan yang ada di wilayah perairan  indonesia tersebut. Menurut mentri kelautan dan perikanan yang disampaikan pada bulan maret 2009 bahwa produksi perikanan tangkap di Indonesia  pada tahun 2007 sebanyak 5,04 juta ton per tahun dan pada tahun 2008 meningkat sebanyak  2,78% yaitu menjadi 5,18 juta ton per  tahun. Sedangkan untuk perikanan tangkap pada tahun 2007 sebanyak 3,2 juta ton per tahun, untuk tahun 2008 mengalami peningkatan sebesar 10,66% menjadi sebanyak 3,53 juta ton per tahun. Dari hasil tersebut, para nelayan kita dapat mengekspor hasil perikanannya sebesar 854.329 ton pada tahun 2007 dan meningkat sebanyak 4,76% yaitusebanyak 895.000 ton pada tahun 2008.

Beberapa tahun ke belakang ini dunia dihadapi masalah yang berat yaitu global warming. Hal tersebut secara langsung dapat mempengaruhi seluruh sistem kehidupan yang sedang berjalan ini. Memang, hal tersebut merupakan ulah manusia itu sendiri. Kita semua tau bahwa bumi ini pada awalnya berada dalam  posisi seimbang. Seiring dengan berjalannya kehidupan ini, manusia butuh sesuatu yang berasal dari bumi ini juga untuk memenui kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu bumi kita ini mengalami banyak pereubahan. Dan berdampak pada manusia itu sendiri.

Salah satu dampak dari ketidak seimbangan bumi ini yaitu dengan munculnya fenomena la nina dan el nino. Menurut sejarahnya fenomena la nina dan el nino ini adalah sebuah fenomena yang menyebabkan suhu permukaan laut yang biasanya dingin berubah menjadi panas. Fenomena itu dapat berdampak negatif untuk populasi yag terkena la nina dan elnino ini. Fenomena ini dapat mengakibatkan perairan di wilayah laut yang pada awalnya berada dalam taraf subur dan kaya akan sumber daya perikanannya menjadi sangat kurang sumberdaya perikanannya hal tersebut dikarenaka adanya pengaruh dari el nino. Arus tersebut dapat membawa nutrien – nutrien yang berada pada dasar laut ke permukaan laut.

Nutrien tersebut dapat membawa dampak positif dan negatif pada populasi ikan tersebut. Karena dengan adanya nutrien itu otomatis ikan nutrien – nutrien itu akan menjadi pakan bagi ikan di daerah tersebut. apabila konsumsi ikan itu meningkat maka secara otomatis pertumbuhan ikan juga akan cepat pula. jika pertumbuhan ikan itu semakin cepat maka siklus ikan tersbut pun akan cepat.

El nino ini akan terjadi apabila perairan yang lebih panas yang berada di pasifik tengah dan pasifik timur mengalami peningkatan suhu dan kelembaban pada atmosfer  yang berada di atasnya. Secara otomatis kejadian tersebut dapat mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut. Sedangkan di bagian barat samudra pasifik terjadi peningkatan tekanan udara. Peningkatan tekanan udara tersebut dapat menyebabkan terhambatnya awan di atas  lautan bagian timur indonesia. Oleh karena itu beberapa wilayah di Inodnesia mengalami penurunan curah hujan yang jauh dari normal.

Kita ketahui bahwa salah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan itu dengan kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan. Untuk dapat berkembang dengan baik, ikan pada umumnya membutuhkan nutrien yang lengkap juga. Kebutuhan – kebutuhan gizi yang diperlukan oleh ikan tidak beda jauh dengan kebutuhan yang diperlukan oleh manusia ataupun mahluk hidup lain, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral agar dapat melakukan proses fisiologi dan biokimia selama waktu hidupnya berlangsung.

Protein merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh ikan untuk menjaga sel-selnya agar tidak rusak, pembentukan jaringan, protein juga berguna untuk memulihkan jaringan tubuh ika yang sudah rusak. Untuk karbohidrat didalam tubuh ikan berfungsi sebagai sumber energi. Karbohidarat ini menjadi sangat penting, karena kelebihan energi dan kekurangan energi dapat berakibat negatif bagi pertumbuhan ikan,jika ikan kelebihan energi dalam pakannya tersebut maka ikan akan berhenti makan. Sebaliknya jika kelebihan energi dalam pakan maka ikan akan menggunakan protein untuk dapat memenuhi kebutuhan energinya. Padahal penggunaan protein sebagai sumber energi itu tidak efisien. Untuk vitamin, dalam yubuh ikan dipergynakan untuk pertumbuhan dan perawatan tubuh, serta untuk iakn bereproduksi. Jika ikan tersebut mengalami kekurangan vitamin maka ikan tersebut akan mudah terserang penyakit  dan perdarahan pada siripnya. Ikan membutukan 1% vitamin dari total komponen pakan yang diberikan. Sedangkan mineral dalam tubuh ikan berfungsi untuk pembentukan rangka, memelihara sistem koloid. Mineral juga merupakan komponen penting dari hormon dan enzim serta penting untuk aktivitas enzim juga.

Selain dampak positif dan dampak negatif yang telah disebutkan di atas el nino dan la nina ini dapat merugikan perikanan tambak dan perkembangan dengan metode jaring apung. Elnino dan la nina ini dapat menyebabkan terjadinya banjir yang besar. Banjir besar itu dapat mengakibatkan kerusakan pada tambak dan jaring apung itu dengan arusnya yang sangat besar. Tidak sedikit nelayan yang mengalami kerugian akibat adanya la nina dan el nino ini.

Jalesveva Jayamahe

24 Responses to "Dampak la nina & el nino pada pertumbuhan dan budidaya ikan"

tulisan yang dapat meenambah pengetahuan kawan,,sedikit mau bertanya,,di atas dijelaskan bahwa akibat dari up weeling terdapat sisi buruk maupun baiknya,,dalam hal tersebut apakah terjadi pula fenomena down weeling nya??apakah pengaruhnya terhadap ekosistem tersebut??

terimakasih atas jawabannya sodara darmadi..
klo menurut saya kecil kemungkinan terjadinya upwelling dan downwelling dengan bersamaan..karena kedua fenomena tersebut saling berketerbalikan..
tapi fenomena downwelling ini bisa terjadi setelah atau sebelum terjadinya upwelling..
pengaruh terhadap ekosistem nya adalah nutrient pada saat fenomena downwelling terserap ke dasar laut, mengingat downwelling adlah terbalikan dari upwelling.

upwelling : Gerakan vertikal massa air dari lapisan dalam (50‐200 m) kepermukaan akibat adanya kekosongan massa air (divergensi) dipermukaan

downwelling: gerakan vertikal massa air dari lapisan permukaan ke lapisandalam akibat adanya penumpukan massa (konvergensi) dipermukaan

terima kasih atas artikel yang kembali menambah wawasan pengetahuan saya ini, bahwa ternyata dampak El Nino dan La Nina ini sampai mempengaruhi budidaya ikan.
menurut saudara Alfian, langkah apa yang sebaiknya kita tempuh untuk meminimalisir dampak-dampak tersebut?
terima kasih.

terimakasih sodara furkon atas pertanyaannya…
saya coba menjawab..
menurut saya yang mesti di benahi untuk meminimalisir dampak tersebut yaitu dengan memperbaiki sistem irigasi baik dari masuknya air maupun dari keluarnya air..

artikel yg cukup menambah wawasan.

sebelumnya saya ingin menanggapi kalimat yg tertuliskan ” Menurut sejarahnya fenomena la nina dan el nino ini adalah sebuah fenomena yang menyebabkan suhu permukaan laut yang biasanya dingin berubah menjadi panas”, sepengetahuan saya el nino saja yang membuat suu permukaan laut menjadi naik sebaliknya la nina yg membuat suhu permukaan laut menjadi turun pada area khatulistiwa Samudera Pasifik.

ada yg saya ingin tanyakan mengenai dampak negatif dan dampak positif dr nutrien terhadap pertumbuhan ikan itu seperti apa tolong diperjelas kembali?..

thx b4

jangan lupa kunjungi & comment wordpress saya,

okeeyy

sebelumnya terimakasih atas tanggapannya sodari indri…

menurut saya dampak positif dari nutrien yaitu nutrien tersebut dapat dijadikan sebagai pakan alami bagi ikan itu sendiri.
sementara dampak negatifenya yaitu dengan banyaknya nutrien (alga) akan terjadi blooming alga.
yang apabila terlalu banyak dapat bersifat racun yang dapat mengakibatkan kematian pada ikan itu..

artikel yang sangat menarik lur …
sedikit bertanya …
apakah ada cara untuk mitigasi agar kerugian pada tambak akibat el nino la nina ini tidak begitu besar ??
terima kasih ..

jangan lupa kunjungi blog saya dan kasi komntar

terimakasih atas pertanyaannya sodara firman..
saya akan coba menjawab..
menurut saya dengan memperhatikan dan memperbaiki aliran air masuk dan aliran air keluar pada tambak itu sendiri, dan mungkin dengan cara membuat tambak tidak terlalu dekat dengan laut..

artikel nya baguus..
alfi pengen nanya..
apakah elnino dan lalina punya dampak positif bagi pertumbuhan dan budidaya ikan?
kemudian,jika terjadi peristiwa elnino dan lalina di indonesia bagaimana sikap pemerintah agar pertumbuhan dan budidaya ikan tidak mengalami kerugian?
makasiih..
comment ke wordpress aku yah.. :))

terimakasih sodari melani atas pertanyaan yang diberikan..
la nina dan el nino pun terdapat dampak positif bagi pertumbuhan dan budidaya ikan.
yaitu dengan adanya la nina dan el nino tersebut akan terjadi atau menimbulkan up welling. up welling tersebut membawa nutrien yang terdapat di dasar laut ke permukaan laut.
jadi nutrien tersebut dapat dijadikan sebagai pakan bagi ikan” yang terdapat di laut itu…

halo alfii

what a nice blog i see

sedikit pertanyaan mengenai tulisan anda

apakah dampak el nino dan la nina tersebut berlangsung lama terhadap pertumbuhan ikan atau hanya berdampak sesaat saja??

terima kasih

terimakasih kawaaaan atas pujiannya..
hehehehe….
menurut saya mungkin dampak yang terjadi pada perikanan berlaangsung lama..
karena la nina dan el nino pun berlangsung dengan waktu yang tidak sebentar..
jadi ikan” yang di tangkap menjadi semakin banyak pada saat el nino berlangsung, penangkapan ikan tersebut dapat meningkat hingga 30% per bulannya…

aduh ga tahan liat fotonya jd aus nih
hahahhaha

boy gini nih,,,

menurut anda jika tambak/budidaya tidak boleh deket dari laut sedangkan seharusnya dekat dengan laut contohnya tambak udang,bagaimana cara anda mangatasinya jika tambak anda jauh dari laut sedangkan lebih dekat dengan laut lebih menguntungkan???

terims boys

terimakasih atas tanggapannya sodara farid…
begini kawan,,
itu merupakan salah satu cara yang saya kira dapat mengurangi kerugian pada tambak di saat permukaan air laut naik..

mungkin itu yang saya maksud tuh sodara farid..
mudah’an anda mengerti..

bravo sekali bung alfi.

oiya saya ingin bertanya nih..

dalam blog ini anda mengatakan “Nutrien tersebut dapat membawa dampak positif dan negatif pada populasi ikan tersebut.”
bisa tolong dijelaskan secara terperinci Fi??

misalnya nutient jenis apa yang berdampak positif dan nutrienjenis apa yang berdampak negatif…hhehe

makasi yaah

terimakasih sekali sodara hendra atas pertanyaannya…
maksud dari tulisan tersebut yaitu jika terjadi upwelling maka nutrien yang berada di dasar laut terangkat ke permukaan secara otomatis nutrien tersebut menjadi pakan untuk ikan.
nah dampak positife yaitu ikan menjadi lebih cepat besar karena mendapatkan makanan yang sangat melimpah dari biasanya,
tetapi negatifenya yaitu dengan semakin cepatnya pertumbuhan ikan, maka semakin cepat pula siklus hidup ikan tersebut..
mungkin itu yang dapat saya kemukakan dari tanggapan yang sodara kemukakan..

terimakasiiii…..

wah menarik bgt apa yang anda bahas ini, sungguh memberikan informasi bagi umat manusia khususnya tukang lauk..hehe

pengen nanya nih saudara alfi, apakah elnino berdampak pada seluruh wilayah indonesia? dampaknya itu seperti apa..???

heheheheee…
terimakasi sodara enjang atas pujiannya..
tujuan blog ini saya buat kan agar dapat memberi informasi kepada orang lain…

menurut sepengetahuan saya fenomena la nina dan el nino ini mempengaruhi hampir semua wilayah di indonesia.
tetapi dampak dari la nina dan el ino itu berbeda-beda di masing-masing wilayahnya itu.
dampak dari fenomana tersebut bisa suatu milayah mengalami kekeringan untuk yang terkena el nino dan ada pula yang mengalami banjir untuk wilayah yang terkena fenomena la nina..
mungkin itu yang saya dapat sampaikan dari pertanyaan sodara…

terimakasiiii….

artikel yg dapat menambah wawasan saya,,,
saya mau tanya,,,
bagaimana bentuk solusi dari masalah tersebut??

terima kasih,,,,

banyak sekali solusi dari masalah tersebut..
1. Peran serta dari pemerintah yang membuat kebijakan dan masyarakat yang bersentuhan langsung dengan lingkungan tempat mereka tinggal.
2. Meningkatkan program pemantauan laut untuk dapat memprediksi waktu kejadian, lama kejadian, dan sebaran wilayah yang akan terkena dampaknya.
3. Melakuakn riset dan kerjasama internasional.
4. Menyesuaikan sistem penataan ruang terhadap fenomena alam El Nino dan La Nina.
5. Mengembangkan penjangkauan sistem informasi atau penyuluhan tentang El Nino dan La Nina secara cepat kepada nelayan atau pembudidaya ikan.
6. Melakukan monitoring terhadap ekosistem yang ada di pesisir. Untuk terumbu karang dilakukan recovery atau transplantasi terumbu karang yang telah rusak dan membudidayakan padang lamun.
7. Mengembangkan dan memfasilitasi pembudidaya untuk menerapkan teknik budidaya ikan yang tahan terhadap kondisi kekeringan, kebanjiran,

mungkin pendapat saya dan pendapat sodari isna sama seperti itu..
kebetulan sodari isna mengambil tema yang sama…

terimakasiiii….

saudara alfian, ada yang ingin saya tanyakan perihal blog anda..

Jika saya melihat siklus dari fenomena el nino dan la nina pada blog anda, terjadi upwelling dan arus air laut yang diakibatkan dari fenomena el nino dan la nina sehingga laut kaya akan nutrisi. Nah, yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah fenomena ini bisa menyebabkan red tide / bloomingnya fitoplankton?

terimakasi sodara beny atas pertanyaannya..
mungkin red tide/bloomingnya fitoplankton itu bisa saja terjadi pada saat upwelling. tetapi itu hanya di perairan tertentu saja yang memiliki banyak fitoplankton yang beracun atau mempunyai toxin..

mungkin itu yang dapat saya kemukakan untuk masalah yang telah anda tanyakan..
terimakasiiiii…..

Koreksi : perbaiki paragraf 3 dan 4

Tulisannya sudah cukup baik, semoga bisa terus berkarya menghasilkan tulisan-tulisan yang luar biasa.
Terinspirasi dari tulisan anda, jelaskan keterkaitan el nino dengan upwelling? Apakah hanya dampak negatif yang ditimbulkan dari fenomena el nino terhadap budidaya ikan?jelaskan argumentasi anda

terimakasih bu atas koreksiannya..
hubungan antara upwelling dengan el nino sangat erat. upwelling adalah fenomena naiknya massa air laut akibat pergerakan arus secara vertikal karena gerakan aingin di sepanjang pantai.
Satu proses laut yang berubah selama El-Nino adalah upwelling. Keefektifan upwelling dan kemampuannya untuk mendukung berlimpahnya kehidupan laut umumnya tergantung pada kedalaman thermoklin. Selama El-Nino, lapisan thermoklin akan makin dalam, sehingga membatasi nutrien yang dibawa ke permukaan laut pada saat proses upwelling hingga akhirnya juga berdampak besar pada hasil perikanan.
menurut pendapat saya untuk dampak positif terhadap budidayanya saya belum mengetahui, tetapi dari segi perikanan tangkap berdampak positif,
dapat menguntungkan atau berdampak positif karena biota ikan dari kedalaman akan berenang lebih dekat ke permukaan laut dan hal tersebut juga dapat membuat musim penangkapan ikan menjadi lebih panjang (terutama untuk ikan tuna).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ALFIAN – kelautan 08

date

December 2009
M T W T F S S
    Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

pengunjung

  • 4,608 orang

twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: